bogorplus.id – Selama libur Lebaran, KCIC telah melayani sekitar 250 ribu penumpang Whoosh, dengan rata-rata jumlah penumpang harian mencapai 20-21 ribu. Angka ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan hari-hari biasa, di mana jumlah penumpang berkisar antara 16-18 ribu per hari.
General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menyatakan bahwa puncak perjalanan selama libur Lebaran terjadi pada Kamis, 3 April, di mana KCIC mencatat jumlah penumpang tertinggi dalam satu hari, yakni sebanyak 22. 340 penumpang.
“Penumpang pada keberangkatan beberapa hari terakhir didominasi oleh penumpang yang memanfaatkan Whoosh untuk berlibur baik ke Bandung, Jakarta, juga Karawang. KCIC memprediksi angka ini akan terus meningkat hingga mencapai 24 ribu penumpang per hari menjelang akhir periode libur Lebaran,” ujar Eva.
Selama periode tersebut, rute Halim-Padalarang menjadi favorit, mencatat total 86 ribu penumpang, diikuti rute Padalarang-Halim dengan 77 ribu penumpang, dan rute Halim-Tegalluar Summarecon yang diisi oleh 35 ribu penumpang.
Dari data mengenai jumlah penumpang, Stasiun Halim menjadi yang paling ramai dengan total 234 ribu penumpang.
Stasiun Padalarang mencatat 170 ribu penumpang, disusul oleh Stasiun Tegalluar Summarecon dengan 69 ribu penumpang, dan Stasiun Karawang dengan 15 ribu penumpang.
KCIC mengajak masyarakat untuk melakukan pemesanan tiket secara online melalui aplikasi Whoosh, situs web ticket. kcic. co. id, Access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo, Wondr by BNI, Tiket. com, serta secara offline di loket dan mesin tiket di stasiun.
Pemesanan melalui aplikasi Whoosh memberikan keuntungan tambahan, seperti fitur refund dan reschedule yang dapat dilakukan secara online demi kenyamanan penumpang.
Eva menambahkan, “Dengan meningkatnya jumlah penumpang, kami mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan lebih awal agar pengalaman bepergian tetap nyaman dan lancar.”